Bila ada yang positif Covid-19 dikeluarga anda

Yang harus anda ketahui jika mengalami gejala:
1. Batuk kering, gatal tenggorokan dan nafas tersengal-sengal
2. Flu tetapi ingus tidak keluar, kurang enak badan dan demam.
Dua gejala diatas merupakan gejala awal covid-19 lama-lama seluruh badan akan terasa sakit, lemas dan agak sesak.

Kemudian apa yg hrs anda lakukan jika salah satu anggota keluarga mengalami gejala diatas?
1. Jangan panik
2. Seluruh anggota keluarga segera menggunakan masker walaupun didalam rumah
3. Segera periksakan diri anda ke Puskesmas dan minta di-Swab, sebab kalau periksa ke klinik atau Dokter praktek biasanya akan dibilang/diaknosa sebagai radang tenggorokan.
Swab di Puskesmas gratis, sedangkan kalau mandiri biayanya berkisar 1,5 – 2 juta. Apabila biaya Swab bisa ditanggung perusahaan memang lebih baik dilakukan Swab secara mandiri. ( Ingat harus di Swab ya, jangan Rapid test karena Rapid test kurang akurat )
4. Selama menunggu hasil Swab sebaiknya anda tetap mengisolasi diri di rumah, karena hasil swab biasanya 2 – 4 hari baru keluar.
5. Jika hasil Swab anda Positif, maka harus segera ada tindakan dan dirawat ke Rumah Sakit rujukan dari Puskesmas atau Rumah Sakit yang anda inginkan. Karena semakin cepat anda tertangani, maka anda akan menyelamatkan diri anda sendiri, keluarga dan lingkungan dimana anda tinggal.
6. Anggota keluarga yang lain yang hasil Swabnya Negatif agar melanjutkan isolasi mandiri sampai 14 hari, jangan lupa infokan juga kepada lingkungan melalui perangkat RT dan RW tentang kondisi anda dan keluarga anda agar penyebaran Covid-19 bisa diminimalisir, karena setiap perangkat pemerintah mulai dari RT dan RW mempunyai Standarisasi prosedur penanganan Covid-19 bila ada salah satu warganya yang terinveksi Covid-19.

Demi terputusnya rantai penyebaran Covid-19, sudah semestinya kita harus sadar diri dengan menerapkan protokol kesehatan pada diri kita sendiri dan keluarga terlebih dulu, demi terciptanya lingkungan yang aman dan bebas Covid-19.
Covid-19 bukanlah sebuah aib, tetapi merupakan penyakit yang harus segera ditangani.


Sekper TPK-Koja

(Visited 150 times, 1 visits today)
Please follow and like us:
error20

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 3 =