KSO Terminal Petikemas Koja, Prestasi Mengalir Berkat Budayakan GRC

Jakarta, TopBusiness – Di tengah penurunan pertumbuhan ekonomi secara nasional, KSO Terminal Petikemas (TPK) Koja dicatat tetap mencatatkan kinerja ekonomi yang mumpuni.   Perusahaan yang bergerak di Pelayanan Jasa Terminal Petikemas ini, menorehkan laba bruto tahun 2019 sebesar Rp 516 milyar.

Selain itu, KSO TPK Koja dicatat meraih sertifikasi atas sistem manajemen ISO 9001:2015 dan OHSAS 18001:2007 sebagai apresiasi atas pengelolaan mutu dan layanan yang telah diterapkan oleh Perusahaan secara konsisten tahun 2018 dan 2019. KSO TPK Koja juga dicatat mendapat penghargaan dengan predikat “Pelayanan Prima” di Sektor Transportasi Unit Pelayanan Publik tahun 2018.

Nilai Indeks Kepuasan Konsumen KSO TPK Koja pun. mengalami peningkatan yaitu sebesar 96% dengan skor kepuasan konsumen sebesar 4.5 karena secara umum customer puas dengan jasa yang diberikan Perusahaan Tahun 2018 dan 2019. Tidak berlebihan bila keberhasilan tersebut, membuat KSO TPK Koja terpilih menjadi salah satu finalis dari 500 perusahaan yang kemudian mengerucut menjadi 114 perusahaan untuk masuk nominasi penjurian TopBusiness.    

Menurut Corporate Secretary Safuan, dalam sesi penjurian TOP GRC Awards 2020 secara online oleh Majalah TopBussines beberapa waktu lalu, peningkatan kinerja perusahaan tidak lepas dari keberhasilan Perusahaan dalam menjadikan Governance, Risk, dan Compliance (GRC) sebagai Budaya Perusahaan. Sebagai Budaya Perusahaan, GRC dimasukkan ke dalam aturan SDM. Selain itu, perusahaan terus melakukan sosialisasi terkait pentingnya GCG, Manajemen Risiko, dan Audit kepada seluruh karyawan.

“Cara memasukkan GRC dalam aturan SDM secara umum ada dua. Pertama, semua pejabat baru akan diminta menandatangani fakta integritas ketika baru menjabat. Kedua, seluruh karyawan akan diminta menandatangani fakta integritas dan akan diperbaharui setiap tahunnya,” kata Safuan.

Menurut Safuan kembali, keberhasilan Perusahaan dalam menjadikan GRC sebagai Budaya Perusahaan tidak lepas dari dukungan dari Komisaris Utama, Direktur Utama, dan Sekretaris Perusahaan. Berkat dukungan mereka, KSO TPK Koja bahkan dicatat mampu menghasilkan terobosan dan inovasi yang berguna bagi perusahaan dan user. 

Seperti misalnya, merencanakan pembuatan Bank Data yang dapat diakses oleh pihak yang berkepentingan guna memudahkan assessment GCG, Manajemen Risiko, dan Audit internal maupun eksternal. Selain itu juga merencanakan system informasi dalam mendukung Bank Data tersebut sehingga dapat diakses online dan realtime.

Berkat keberhasilan menjadikan GRC sebagai Budaya Perusahaan pula, KSO TPK Koja dicatat meraih nilai GCG yang terus meningkat setiap tahunnya.

Penulis: Irawan Joko Nugroho

topbusiness.id

(Visited 81 times, 1 visits today)
Please follow and like us:
error20

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =