Pengecekan Fire Hose Kantor TPK-Koja

Selain Alat Pemadam Api Ringan (APAR) disetiap lantai gedung kantor TPK-Koja juga tersedia Selang pemadam kebakaran atau yang dikenal dengan Fire Hose yang tersimpan dalam sebuah Hydrant box yaitu sebuah jenis selang yang digunakan petugas pemadam kebakaran untuk mengalirkan air bertekanan dari sumber air saat terjadi musibah kebakaran di suatu tempat, sumber air ini dialirkan dari Storage tank pada jaringan instalasi hydrant.
Selang pemadam kebakaran membantu proses pemadaman api menjadi lebih cepat karena selang ini dapat ditarik dan direntangkan sampai ke jarak yang jauh sehingga jangkauan lebih luas.

Petugas Kebakaran TPK-Koja dari bagian HSSE yang dikomandani oleh Mukmin, Supervisor Safety Regulation dan Equipment ini secara rutin melakukan pengecekan secara rutin setiap minggu terhadap Fire Hose baik secara visual (utk memastikan dlm kondisi baik dan memenuhi persyaratan)  juga dilakukan pengecekan tekanan (presure) pada rumah pompa untuk memastikan kesiapannya jika dibutuhkan.
Bila terjadi penurunan tekanan air, segera dilacak sampai ketemu titik mana yang bermasalah dan segera dilakukan perbaikan.

Selain Pengecekan secara rutin, Pengetesan terhadap Fire Hose juga dilakukan setiap 2 sampai 3 bulan sekali dengan menyemprotkan air bertekanan melalui selang kebakaran tersebut, biasanya air yang keluar pertama kali akan berwarna keruh hingga kehitaman karena sudah lama mengendap dalam saluran pipanya, ujar Mukmin menambahkan.

Sekper TPK-Koja

(Visited 29 times, 1 visits today)
Please follow and like us:
error20

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 1 =