Penindakan Mobil dan Motor Mewah di Dermaga TPK KOJA

Jakarta, bertempat di dermaga TPK Koja 17 Desember 2019, Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) bersinergi dengan Kepolisian RI, TNI, dan Kejaksaan gagalkan penyelundupan puluhan mobil dan motor mewah ke Indonesia. Sepanjang tahun 2016 hingga 2019 DJBC berhasil membongkar tujuh kasus penyelundupan mobil dan motor mewah melalui pelabuhan Tanjung Priok. Dalam kurun waktu tersebut sebanyak 19 unit mobil mewah dan 35 unit motor/rangka motor/mesin motor mewah berbagai merk telah diamankan oleh Bea Cukai Tanjung Priok dengan perkiraan total nilai barang mencapai kurang lebih Rp21 miliar dan potensi kerugian negara mencapai kurang lebih Rp48 miliar

Secara keseluruhan modus yang digunakan dalam penyelundupan mobil/motor mewah adalah memberitahukan barang yang tidak benar diantaranya diberitahukan sebagai batu bata, spare part, perkakas, dan hand tools termasuk mempreteli ke dalam bentuk terurai dengan negara asal Singapura dan Jepang. Berdasarkan informasi masyarakat yang ditindaklanjuti dengan proses analisis terhadap inward manifest dicurigai adanya pemberitahuan yang tidak benar karena terdapat keanomalian antara netto weight barang dengan jenis barang yang diberitahukan. Untuk memastikan jenis barang yang sebenarnya, petugas melakukan hi-co scan kontainer dan mendapati citra yang menunjukkan barang yang diimpor berupa kendaraan roda empat. Untuk selanjutnya petugas melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.

TPK Koja mendukung setiap proses penegakan hukum dan upaya yang dilakukan oleh aparat Departemen Keuangan, khususnya Dirjen Bea-Cukai, dalam menindak barang-barang impor ilegal termasuk kendaraan mewah ini yang terjadi belakangan ini.

TPK Koja dalam kapasitasnya sebagai terminal operator siap untuk membantu aparat penegak hukum dalam pemberantasan barang-barang impor ilegal.

Sekretaris Perusahaan TPK Koja

(Visited 178 times, 1 visits today)
Please follow and like us:
error20

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 8 =