Rencana Perbaiki Dermaga, Layanan Kapal TPK Koja Dialihkan ke JICT

JAKARTA– Sejumlah layanan kapal peti kemas dengan volume mencapai 100 ribuan twenty foot equivalent units (TEUs) dari terminal peti kemas (TPK) Koja bakal dialihkan ke Jakarta International Container Terminal (JICT).

Hal tersebut diungkapkan Wakil Direktur Utama PT JICT Riza Erivan, kepada beritakapal.com, menanggapi rencana perbaikan fasilitas dermaga dan rel quay crane (QC) di TPK Koja dalam waktu dekat ini.

“Untuk tetap mendukung kelancaran layanan kapal dan peti kemas di TPK Koja, dengan adanya rencana investasi tersebut maka nanti sebagian layanan kapalnya akan dilayani di JICT,” ujar Riza pada Selasa (11/2/2020).

Pengoperasian TPK Koja saat ini melalui kerjasama operasi (KSO) antara PT Pelabuhan Indonesia II/IPC dengan Hutchison Port Indonesia (HPI). Adapun JICT merupakan perusahaan patungan antara HPI dan PT.Pelindo II/IPC.

Riza mengungkapkan, fasilitas dermaga JICT juga akan dilakukan penguatan dan perbaikan pada tahun ini, namun belum bisa disebutkan kapan jadwal pastinya.

“Ya gak mungkin berbarengan dong, nanti kapal-kapal nya dilayani dimana?,” sergah Riza.

Sebelumnya, General Manager TPK Koja, Hudadi Soerja Djanegara, mengatakan TPK Koja berencana melakukan perbaikan dan penguatan dermaga sepanjang 600 meter pada tahun ini. Selain itu, bakal dilakukan penggantian maupun perbaikan rel alat bongkar muat peti kemas (quay crane) di lapangan terminal peti kemas itu.

Pada tahun 2019, TPK Koja berhasil mencatatkan layanan arus peti kemas 914.000 TEUs atau lebih tinggi 10% dari rencana kerja anggaran perusahaan (RKAP) tahun lalu sebanyak 824.000 TEUs.

Namun, dengan adanya rencana pengerjaan perbaikan dermaga dan rel alat bongkar muat di TPK Koja pada tahun 2020, terminal peti kemas tersebut hanya merencanakan menangani volume peti kemas sekitar 800-ribuan TEUs.(am)

beritakapal.com

(Visited 517 times, 1 visits today)
Please follow and like us:
error20

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × one =