Terminal Petikemas Koja Ciptakan Iklim Kerja Yang Menyenangkan

Bergerak dibidang layanan bongkar-muat petikemas, terminal Petikemas Koja (TPK Koja) terus berkembang dari waktu ke waktu. Kini volume bongkar muatnya melebihi 1 juta TEUs (Twenty Foot Equivalent Units) pertahun. Perusahaan patungan Pelindo II-Hutchinson Ports Indonesia ini juga telah mampu melayani kapal berkapasitas 4.253 TEUs, dan menangani kontainer di pelabuhan Tanjung Priok selama 24 jam.

menyadari bisnisnya bergantung pada kepuasan konsumen, dan konsumen yang dilayaniitu adalah kapal serta pemilik barang dari dalam dan luar negeri, manajemen TPK Koja berupaya membentuk karyawannya agar mampu melayani bongkar-muatpetikemas dengan standar nasional mapun internasional. Dalam konteks ini sejumlah yang harus dikuasai karyawan telah ditetapkan dalam Direktori Kompetensi, mulai dari kompetensi Inti, Kompetensi Peran, dan Kompetensi Bidang. Seluruh kompetensi ini dilengkapi anaeka pelatihan yang disusun dalam direktori pelatihan tersendiri setelah melalui proses Training Need Analysis, “Selain itu training pengembangan karyawan juga dilakukan melalui sertifikasi dari dalam dan luar negeri seperti worshop, studi banding, dan seminar,” kata Yana Pratapa, DGM SDM dan Administrasi TPK Koja.

Transfer knowledge dari karyawan senior kepada generasi dibawahnya tentang pengalaman setta best practice pengelolaan operasional yang unggul juga diterapkan. Karyawan senior diberikan kesempatan berbagi ilmu dan pengetahuan, baik dari sisi manajerial maupun teknis.

Agar terciptanya engagement yang tinggi terhadap perusahaan, manajemen TPK Koja juga berupaya membuat iklim kerja yang menyenangkan. Dalam urusan perfomance management, dilakukan sederet perbaikan, salah satunya tinjauan prestasi karyawan tyang semula dilakukan melalui Penilaian Unjuk Karja (PUK), telah diupgrade menjadi KPI (Key Perfomance Indicators) Individu per bulan. Dalam hal ini prestasi ini misalnya penilaian kinerja oparator dihitung berdasarkan boxes petikemas per bulan yang dibongkar/dimuat. Intinya dalam penilaian KPI ini diberlakukan prinsip objectivitas penilaian. Seiring dengan itu reward management juga diberlakukan. Tindaklanjut atas hasil penilaian KPI diberikan dalam penerimaan insentif bulanan, pertimbangan karier, mutasi berikut pelatihan teknis. Yana mengatakan, secara periodik (setiap bulan) bahkan diberikan financial reward secara tim atau pun individual yang diregulasi dalam peraturan manajemen.

Peluang promosi juga berada dalam koridor pengelolaan persaingan yang ketat tetapi sehat. Manajemen menerapkan kebijakan promosi yang bersifat fair, transparant, serta berbasis kompetensi dan prestasi. Untuk mengetahui profile kompetensi karyawan, dilakukan program assessment kompetensi, sehingga seluruh potensi dapat diinventarisasi. Karyawan TPK Koja berjumlah 450 orang, dan 70% nya bekerja di lapangan.

Dengan berbagai cara diatas, Yana mengungkapakan, hasil evaluasiKepuasan Kerja dan Engagement karyawan selalu meningkat, dan tingkat turnover dibawah 1%. Yang pasti urusan penggemblengan kompetensi karyawan, menurut dia menjadi semakin penting karena perubahan berjalan cepat, termasuk persaingan anatr terminal petikemas. Managemen TPK Koja mengupayakan terciptanya operationational excellence dilingkungannya. Beberapa langkah penting telah digelar, pada sisi digitalisasi dilakukan pengembangan sistem berbasis digital seperti tiket-order yang semula berupa kertas menjadi sistem QR Code, otomatisasi gate, dan sistem informasi managemen N-Gen.

Selanjutnya, disisi dermaga dilakukan pendalam kolam serta penguatan dermaga, juga peningkatan kapasitas container crane. Selain itu menyambut era GreenPort, mereka telah menjajaki proses elektrifikasi alat bongkar muat sebagai upaya mengurangi bahan bakar minyak dari fosil. Langkah-langkah ini menjadi kebutuhan agar TPK Koja bisa berada diposisi terdepan.

Sumber Majalah SWA
(Edisi XXXV 31 Oktober-13 November 2019)

(Visited 54 times, 1 visits today)
Please follow and like us:
error0

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 2 =