TPK Koja Melaksanakan Assesment GCG Tahun Buku 2019

Bogor. Sebagai komitmen dan langkah proaktif dalam menerapkan tata kelola yang lebih baik bagi perusahaan, manajemen TPK Koja mengadakan Asessment GCG (Good Corporate Governance) tahun buku 2019 di Hotel Harris Sentul pada tanggal 17-18 Februari 2020.

Acara ini dibuka oleh GM TPK Koja Hudadi Soerja Djanegara yang dalam pengarahannya menyampaikan pentingnya GCG untuk perusahaan dan beliau secara pribadi sangat mendukung acara assessment GCG ini. Sementara itu, Penanggungjawab GCG TPK Koja sekaligus DGM Komersial Achmad Syaichu menyampaikan arahanya terkait dengan peningkatan nilai GCG yang harus dicapai oleh TPK Koja, beliau juga mendukung tim GCG TPK Koja untuk tetap optimis dengan pencapaian target skor yang diberikan oleh pemilik sebesar 93.000. Turut hadir mendukung acara ini, DGM Keuangan Aris Subagyo, DGM SDM & ADM Yana Pratapa dan Tim Assessor dari MUC Consultant yang dipimpin oleh Zainal Arifin serta perwakilan dari Anggota Komite Audit TPK Koja Silo Santoso.

GCG Assessment merupakan upaya untuk mengukur atau lebih tepatnya memetakan kondisi perusahaan dalam penetapan GCG saat ini. Langkah ini untuk memastikan titik awal level penerapan GCG dan untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang tepat, guna mempersiapkan infrastruktur dan struktur perusahaan yang kondusif bagi penerapan GCG secara efektif. Dengan kata lain, GCG assessment dibutuhkan untuk mengidentifikasi aspek-aspek apa yang perlu mendapatkan perhatian terlebih dahulu, dan langkah-langkah apa yang dapat diambil untuk mewujudkannya.

Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dengan dikeluarkannya SK Menteri BUMN Nomor 117/MBU/2002 tanggal 31 Juli 2002 yang mewajibkan penerapan praktik good corporate governance sebagai landasan operasional pengelolaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Secara umum terdapat lima prinsip dasar dari good corporate governance yaitu:

  1. Transparency (keterbukaan informasi), yaitu keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi materiil dan relevan mengenai perusahaan.
  2. Accountability (akuntabilitas), yaitu kejelasan fungsi, struktur, sistem, dan pertanggungjawaban organ perusahaan sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif.
  3. Responsibility (pertanggungjawaban), yaitu kesesuaian (kepatuhan) di dalam pengelolaan perusahaan terhadap prinsip korporasi yang sehat serta peraturan perundangan yang berlaku.
  4. Independency (kemandirian), yaitu suatu keadaan dimana perusahaan dikelola secara profesional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh/tekanan dari pihak manajemen yang tidak sesuai dengan peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat.
  5. Fairness (kesetaraan da kewajaran), yaitu perlakuan yang adil dan setara di dalam memenuhi hak-hak stakeholder yang timbul berdasarkan perjanjian serta peraturan perundangan yang berlaku. Esensi dari corporate governance adalah peningkatan kinerja perusahaan melalui supervisi atau pemantauan kinerja manajemen dan adanya akuntabilitas manajemen terhadap pemangku kepentingan lainnya, berdasarkan kerangka aturan dan peraturan yang berlaku.

Tujuan penerapan prinsip-prinsip good corporate governance yaitu :

  1. Memaksimalkan nilai perusahaan dalam bentuk peningkatan kinerja (high performance) serta citra perusahaan yang baik (good corporate image).
  2. Mendorong pengelolaan perusahaan secara profesional, transparan dan efisien serta memberdayakan fungsi dan meningkatkan kemandirian organ perusahaan.
  3. Mendorong organ perusahaan dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi dengan nilai etika/moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta kesadaran akan adanya tanggungjawab sosial perusahaan terhadap stakeholders.
  4. Mendorong pengelolaan sumber daya dan risiko perusahaan secara lebih efisien dan efektif.
  5. Mengurangi potensi benturan kepentingan organ perusahaan dan pekerja dalam menjalankan bisnis perusahaan.
  6. Menciptakan lingkungan usaha yang kondusif terhadap pencapaian tujuan perusahaan.


Sekretaris Perusahaan TPK Koja

(Visited 189 times, 1 visits today)
Please follow and like us:
error20

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + four =