10 Program CSR Unggulan Dukung TPK Koja Mendunia

KSO Terminal Petikemas Koja memiliki visi untuk menjadi penyedia layanan petikemas terintegrasi berkelas dunia. Untuk mencapai visi tersebut, strategi bisnis yang dilakukan TPK Koja adalah mempertahankan dan meningkatkan market share dengan melakukan investasi baik Infrastruktur maupun suprastruktur. TPK Koja juga mengembangkan teknologi khususnya di bidang teknologi informasi dengan tujuan mempermudah dan mempercepat pelayanan demi kepuasan pelanggan.

Manajemen TPK Koja saat ini juga sangat concern terhadap praktik  sustainaibility atau keberlanjutan perusahaan yang di dalamnya terdapat triple bottom line schema yakni people, planet, dan profit (3P). Untuk itulah, TPK Koja serius melaksanakan program CSR dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang mendukung strategi bisnis perusahaan.  
Setiap tahun, TPK Koja mengalokasikan sekitar Rp 1,7 miliar untuk program CSR. Anggaran ini sesuai dengan hasil dari social mapping  di mana identifikasi masalah sosial dan ekonomi masyarakat sekitar KSO TPK Koja selesai dipetakan.
“Selesai dilakukan pemetaan kemudian dilakukan penetapan sasaran program yang merupakan hasil dari masukkan internal KSO TPK Koja dan tokoh pemuka masyarakat sekitar,” kata Safuan, Head Corporate Secretary KSO TPK Koja Safuan dalam penjurian TOP CSR Awards 2021 yang dilakukan secara virtual, Selasa (2/3/2021).

Setidaknya ada 10 inisiatif program CSR/PKBL unggulan yang dikerjakan TPK Koja sejak 2019 hingga saat ini. Pertama adalah program beasiswa untuk anak karyawan dan mitra kerja dari tingkat SD hingga SLTA. Perseroan juga memberikan buku ajar bagi anak dari mitra kerja KSO TPK Koja yaitu TKBM.
“Beasiswa ini diberikan dalam bentuk dana tunai dan merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap pendidikan, dengan program ini diharapkan dapat mencetak generasi penerus yang unggul dalam Iptek,” ujar Safuan.
Program CSR unggulan kedua adalah donor darah. Program donor darah ini diselenggarakan setiap triwulan dengan peserta berasal dari tenaga kerja organik, non organik dan kalangan umum terutama di wilayah I KSO TPK Koja. Program ini bekerja sama dengan PMI pusat.
Ketiga adalah Program Nutrisi.  Program ini dilaksanakan setiap semester bekerja sama dengan Kecamatan Koja Jakarta Utara. Program ini diperuntukan bagi lansia yang terkana TBC dan balita yang kurang gizi.  “Program Nutrisi ini diberikan secara paket yang sudah disediakan dan merupakan salah satu kepedulian perusahaan terkait permasalahan kesehatan bagi masyarakat sekitar,” tutur dia.
Program CSR unggulan keempat adalah Bank Sampah. Program ini dilaksanakan setiap semester dan dilaksanakan bekerja sama dengan majelis taklim di wilayah Kecamatan Koja Jakarta Utara.
Kemudian, Program CSR unggulan kelima adalah Mudik Gratis. Program ini dilaksanakan setiap tahun bekerja sama dengan kantor pusat IPC. KSO TPK Koja setiap tahun menyumbang kurang lebih 10 bus bagi pemudik (PP) dengan tujuan Yogyakarta.

Di masa pandemi covid-19, TPK Koja memiliki program unggulan berupa pembagian Paket Sembako. Program ini diperuntukan bagi masyarakat sekitar wilayah KSO TPK koja. Pihaknya berkerja sama dengan Kantor Pusat IPC, Kecamatan dan Kelurahan Koja, Kepolisian, dan instansi terkait lainnya.
“Bantuan ini diberikan dalam bentuk paket sembakoi dan merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19 yang diantaranya harus kehilangan mata pencarian,” kata Safuan.
Tak hanya itu, TPK Koja juga memiliki Program CSR unggulan Rapid Test bagi tenaga kerja organik dan nonorganik KSO TPK Koja. Program ini digagas ketika pandemi covid-19 melanda Indonesia di awal tahun 2020. “Program ini bekerja sama dengan RS Pelabuhan Jakarta,” ucap Safuan.
Program CSR unggulan kedelapan yang juga digagas saat pandemi covid-19 adalah  pemberian Vitamin C kepada tenaga kerja organik dan non organik KSO TPK Koja.
“Ini merupakan salah satu kepedulian perusahaan kepada pekerja di lingkungan KSO TPK Koja untuk meningkatkan imun sehingga diharapkan terhindar dari  covid-19,” tuturnya.

Kesembilan adalah Program Pemberian Masker kepada  tenaga kerja organik, non organik KSO TPK Koja serta masyarakat sekitar. Program ini salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap pekerja dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar perusahaan dan sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran covid-19.
Program CSR unggulan kesepuluh adalah pemberian Hand Sanitizer dan Tempat cuci tangan kepada tenaga kerja organik, nonorganik KSO TPK Koja serta masyarakat sekitar. Kegiatan ini juga dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan perusahaan

Sumber berita : Majalah TopBusiness http://beritakapal.com/gm-tpk-koja-perbaikan-rel-dermaga-ditargetkan-rampung-november/ tanggal 4 Maret 2021

(Visited 41 times, 1 visits today)
Please follow and like us:
error20

You may also like...